Article Detail
PRAKTIK IPS; PEMAHAMAN TINGKAT LANJUT DARI PETA
Implemetasi hasil belajar dalam kelas hendaknya memang akan menjadi lebih baik dan bermakna dalam hasilnya jika itu nampak dalam praktik sehari hari. Menjadi sebuah pembiasaan dan akhirnya mengkristal menjadi sebuah karakter. Peserta didik mempunyai ruang lebih banyak untuk mempraktikan apa yang ia pelajari dalam kelas. Siswa akan langsung mengalami sebuah peristiwa di mana dia mencoba mempertemukan pengalaman belajar di kelas dengan praktik di lapangan.
Surabaya, Kamis 31 Januari 2019, siswa kelas 9 SMP Santo Carolus Surabaya mengadakan Ujian Praktek, kali ini bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Kegiatan ujian praktik ini secara khusus mencoba menerapkan pengetahuan yang didapat siswa di dalam kelas, yaitu membuat Peta Tematik (berdasarkan persebaran hasil tambang, persebaran hasil pertanian, berdasarkan kepadatan penduduk, berdasarkan daerah rawan gempa, dsb).
Kegiatan ujian praktik mata ajar IPS, yang dibimbing oleh ibu Margaretha Suhardyah ini, dilakukan dalam tim atau kelompok yang terdiri dari dua siswa tiap kelompoknya. Kegiatan ini dilaksanakan secara bersama dan serentak.
Memang demikianlah yang harus terjadi. Peserta didik mempunyai pengalaman yang nyata dalam praktik setelah dia belajar dalam kelas secara teori. Sehingga memang diharapkan peserta didik ini dapat mencocokkan keselarasan antara pengalaman dalam kelas (teori) dengan pengalaman nyata implementasi.
==dod’s-
there are no comments yet