Article Detail

Kegiatan P5 dan Ujian Praktik dalam Satu Event


Pada akhir bulan Maret, tepatnya tanggal 25 dan 26 Maret 2025, peserta didik kelas 8 dan 9 SMP St. Carolus Surabaya berkolaborasi dalam kegiatan pentas seni yang menargetkan dua tujuan berbeda antara kelas 8 dengan kelas 9. Bagi kelas 8, kegiatan yang memakan waktu persiapan sejak awal Maret ini dalam rangka pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Bagi kelas 9, kegiatan pentas seni ini merupakan bagian dari ujian praktek pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK)

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila kali ini mengusung tema kewirausahaan. Dalam kegiatan yang bertema kewirausahaan ini, peserta didik kelas 8 bersama-sama merencanakan dan melaksanan kegiatan pentas seni. Mereka belajar sejak dini untuk menjalankan kegiatan. Lewat kegiatan ini peserta didik diharapkan dapat memahami dan mempraktekan salah satu peluang kewirausahaan yang banyak ditekuni anak muda Indonesia, yaitu menjadi event organizer (EO).

Pada tahap awal kegiatan P5 ini peserta didik kelas 8 diberikan sosialisasi oleh guru pendamping terkait tema P5 yang akan diselenggarakan. Segera setelahnya peserta didik melakukan pembentukan panitia dan melangsungkan rapat koordinasi secara berkala sebagai tahap persiapan. Pada tahapan yang sama, peserta didik menyiapkan proposal usaha dana yang menargetkan pihak eksternal sekolah maupaun orang tua siswa untuk memastikan ketersediaan dana bagi pelaksanaan kegiatan.

Persiapan lain melibatkan peserta didik kelas 9 yang akan melaksanakan ujian praktek. Koordinasi dilakukan semaksimal mungkin untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi kesalahan pada saat pelaksanaan kegiatan pentas seni. Peserta didik kelas 9 di sisi lain berusaha mempersiapkan diri semaksimal mungkin lewat latihan-latihan yang dilakukan terus menerus untuk memperkecil kemungkinan terjadi kesalahan pada saat tampil dalam kegiatan pentas seni yang dilaksanakan di hall lantai 3 Gedung Perpustakaan dan Olahraga SMP St. Carolus Surabaya. [Wilkar Loisoklay].


Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment